Berapa banyak orang yang menonton Apple TV+ di Spanyol?

Apple TV+, masih jauh dari pesaingnya

Pada bulan-bulan Oktober, November dan Desember, platform streaming di Spanyol mengalami penurunan yang signifikan. Ini adalah kasus Netflix dan Movistar+yang turun 3%, sesuatu yang pada tingkat lebih rendah juga menderita Video Perdana Amazon dengan 1%. Di Disney+ ya, ada pertumbuhan 1%. Bahkan, itu mencerminkan tren tahun ini dengan sangat baik, mengingat yang turun di kuartal terakhir sudah turun sejak Januari, sedangkan Disney + berdasarkan pertumbuhan sejak kedatangannya di 2019.

Mengenai platform Apple, kami mengamati bahwa memiliki kuartal terbaik tahun ini, mungkin didorong oleh penayangan perdana yang diharapkan seperti FundaciĆ³n atau musim kedua The Morning Show. Namun, tampaknya tidak membuat orang California tumbuh dalam pemirsa dibandingkan dengan kompetisi, menjadi yang terakhir dari yang besar dengan 3% pangsa pasar.

Jadi, peringkat kuartal keempat tahun 2021 itu seperti ini di Spanyol:

  1. Netflix: 23%
  2. Video Utama Amazon: 21%
  3. Disney+: 15%
  4. HBOMax: 13%
  5. Film: 6%
  6. Movistar+: 5%
  7. Apple TV+: 3%
  8. Istirahat: 14%

platform studio justwatch

Melihat data ini, jumlah pasti pemirsa di platform belum terungkap, sesuatu yang pada akhirnya hanya mereka yang tahu. Bagaimanapun, itu lebih dari cukup untuk melihat bahwa platform Apple bukanlah favorit publik Spanyol. Ada lagi yang lebih kecil di bawahnya, tetapi menurut anggaran yang mereka tangani, angka itu terlalu lemah dan, setidaknya pada awalnya, tidak mengundang pengguna lain untuk mendaftar.

Masalah, kurangnya promosi?

Banyak analisis yang telah dilakukan mengenai alasan mengapa Apple TV+ gagal mendekati pesaingnya. Ada juga beberapa sumber yang menegaskan bahwa Apple tidak terlalu peduli dengan angka-angka ini karena mengejar tujuan lain seperti memberi makan ekosistemnya sendiri. Namun, tampaknya aneh bahwa mereka menginvestasikan jutaan dolar dalam produksi konten untuk layanan yang mereka anggap sebagai tambahan.

Salah satu alasan terpenting yang kami amati adalah tidak adanya promosi di luar saluran resmi Apple. Terlebih lagi ketika kami mengamati bahwa Netflix, Disney+ atau HBO Max menginvestasikan banyak uang untuk mempromosikan konten mereka di televisi atau iklan luar ruang. Memang benar bahwa Apple TV + tidak memiliki bertahun-tahun di pasar atau jumlah konten yang serupa dengan ini, tetapi katalognya semakin dipelihara dan menghasilkan produksi yang sangat baik. Bahkan, beberapa seperti Ted Lasso atau The Morning Show telah dinilai sangat positif oleh para kritikus dan telah menerima penghargaan penting.

Namun, meskipun analisis ini memberikan yang lebih luas, jelas bahwa Apple TV + macet. Dari pihak perusahaan mereka belum membuat pernyataan mengenai studi terbaru ini, sesuatu yang sudah umum di lain kesempatan. Oleh karena itu, kita dihadapkan pada pertanyaan tentang apa yang sebenarnya mereka pikirkan di Cupertino tentang hal itu.